Rabu, 09 September 2009

KEAJAIBAN DUNIA



1. TEMBOK BESAR CINA

Tembok Besar China,disebut satu-satunya monument yang terlihat dari angkasa luar. Seperti halnya naga raksasa, tembok Cina membentang menelusuri pegunungan, gurun padang rumput yang membentang sepanjang 6700 km, dari timur ke barat Cina. Tingginya 8 meter, lebar bagian atas 5 meter, sedangkan lebar bagian bawah 8 meter. Setiap 180 -270 meter dibuat semacam menara pengintai dengan tinggi 11-12 meter. Lebih dari 2000 tahun tembok ini masih berdiri kokoh. Tembok ini adalah tembok yang terpanjang yang pernah dibuat manusia. Konon ribuan pekerja yang tewas dalam pembuatan tembok ini juga dikubur dalam pembangunan tersebut. Tembok terpanjang di dunia ini dibuat selama berabad-abad, bahkan hingga 5 dinasti ! Wajar apabila ribuan orang meninggal dalam pembuatan tembok.

2. PETRA

Petra adalah kota kuno di Yordania yang dipahat dari bukit bebatuan yang dikelilingi padang pasir. Jadi betapa gagahnya cadas yang berukuran raksasa yang diukir hingga membentuk kuil, pemakaman, dll. Benar-benar keren. Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya batu, merupakan symbol teknik dan perlindungan. Kota ini didirikan oleh Raja Aretas IV pada 9 SM – 40 M, menjadi ibukota kerajaan Nabatean yang sulit ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.Petra dbangun dengan system pengairan yang rumit dan juga memiliki teknologi hidrolik mengangkat air. Setelah Romawi datang menguasai Petra pada tahun 106M maka banyak bangunan menjadi hancur dan menjadi puing sehingga lambat laun Petra menajdi legenda.

3. PATUNG CHRIST REDEEMER

Patung Christ Redeemer yang terdapat di puncak gunung Corcovado di Rio de Janeiro. Dengan tangan terentang dan terbuka, Christ Redeemer berdiri di puncak Gunung Corcovado. Patung Yesus penebus ini menghadap kota di bawahnya bak melihat hamba-hambanya. Patung ini merupakan symbol penerimaan dan keterbukaan. Simbol umat Kristen ini memiliki tinggi 38 meter di puncak gunung Corcovado berketinggian 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca. Christ Redeemer di disain oleh Heitor da Silva Costa dan dipahat oleh Paul Landowski asal Perancis. Butuh 5 tahun untuk membangun patung ini dengan menggunakan beton dan batu.

4. MACHU PICCHU

Machu Picchu yang terdapat di Peru, adalah kota yang berlapis emas yang dibangun di ketinggian 2350 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu dibangun sekitar 1440 Masehi oleh pendiri kerajaan Inca Pachacutec Yupanquii, merupakansimbol komunitas dan dedikasi. Machu Picchu berarti ‘gunung tua’ dalam bahasa Indian setempat, berdiri berabad-abad di tengah rimba Amazon, di hulu sungai Urubamba. Machu Picchu ini bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkatannya, semakin tinggi tingkat kekuasaan orang yang menempatinya. Di tempat tertinggilah tempat para pendeta Inca mengadakan upacara menghormati matahari tiap harinya.

5. CHICHEN ITZA

Chichen Itza di Meksiko, tepatnya terletak di Semenanjung Yukatan, Meksiko. Selain mengagumkan, situs ini juga mengerikan. Hal yang paling mengerikan dari tempat ini adalah adanya 2 cenotes (sumur alami) yang dijadikan tempat menaruh korban persembahan. Kabarnya suku Indian Maya yang mendiami kota itu mempersembahkan jade, keramik, dan bahkan manusia dimasukkan hidup-hidup ke dalam sumur itu. Chichen Itza merupakansimbol pemujaan dan ilmu pengetahuan. Peran sumur itu begitu penting karena sebagai satu-satunya sumber air ketika kekeringan melanda.semenanjung Yukatan. Nama Chichen Itza pun berarti ‘di bibir mata air rakyat’ dalam bahasa Indian setempat. Dengan demikian Chichen Itza berkembang menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi kebudayaan Maya.

6. COLOSSEUM

Colosseum di Roma Itali, merupakan symbol dari kesenangan dan penderitaan menjadi satu. Colosseum merupakan tempat penyelenggaraan pertunjukan yang spektakuler dari 5 jenis pertarungan selama ratusan tahun. Diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati dalam pertunjukan di Colosseum. Kelima pertandingan itu adalah: antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan manusia dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (noumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera). Colosseum berukuran tinggi 48 meter, panjang 188 meter, dan lebar 156 meter. Luas seluruh bangunan 2,5 hektar. Arena terbuat dari kayu berukuran 86 x 54 meter dan tertutup oleh pasir. Coloseum berbentuk ellips atau bulat untuk mencegah pemain melarikan diri dan supaya penonton tidak terlalu dekat dengan arena pertunjukan.

7. TAJ MAHAL

Taj Mahal yang terletak di sebuah kota bernama Agra yang terletak di kawasan utara India Uttar Pradesh. Sekilas gedung ini mirip sebuah masjid. Tapi, sebenarnya ini adalah sebuah makam.Boleh dibilang, Taj Mahal ini merupakan kreasi arsitektur paling indah di dunia. Banyak orang yang berbondong-bondong mendatang bangunan yang terletak di tepi Sungai Yamuna ini untuk mengaguminya. Mereka kagum dengan keindahan bentuknya. Mereka juga kagum dengan kisah mengharukan yang ada di balik berdirinya Taj Mahal. Taj Mahal adalah tanda cinta seorang raja untuk istrinya tercinta yang telah meninggal. Untuk mengenang kepergian sang istri Shahjahan memutuskan mendirikan makam indah yang terbuat dari marmer asli. Bangunan ini didirikan di pinggir sebuah sungai agar tidak tertutupi dengan bangunan lainnya. Untuk membangun makam besar (atau lebih sering disebut musoleum) ini, butuh waktu selama 17 tahun dan mengerahkan 20 ribu pekerja. Mereka yang bekerja adalah para ahli seperti arsitek, pemahat, ahli kaligrafi, dan tukang batu dari seluruh India, Persia, dan Turki. Bangunan Taj Mahal yang tingginya mencapai 60 meter ini berlapis emas, perak, bahkan berlian. Setelah selesai, tempat ini juga menjadi peristirahatan terakhir sang raja. Inilah Taj Mahal yang indah dan 'mahal'.

8. PIRAMIDA AGUNG GIZA

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu (Χεωψ, Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. . Piramida ini terkadang disebut sebagai Piramida Khufu.

9. PATUNG LIBERTY

Patung Liberty adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diberikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan.

10. BOROBUDUR

Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.


11. MENARA PISA

Menara Miring Pisa adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia.

Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Ia terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.

Ketinggian menara ini adalah 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton. Menara Pisa memiliki 294 anak tangga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar